Senin, 03 Agu 2020 18:54 WIB

Soal Hadi Pranoto di Video Anji, Ini Pesan Kemenkes RI

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19. Ramuan itu disebut mampu tingkatkan antibodi dalam mencegah penyebaran COVID-19. Hadi Pranoto dan 'temuan' herbal yang diklaimnya sebagai obat COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta -

Klaim Hadi Pranoto di video Anji soal 'temuan' antibodi COVID-19 dicibir banyak kalangan. Tak terkecuali, Kementerian Kesehatan RI.

Plt Kabadan Litbangkes, dr Slamet, MHP, menjelaskan bahwa untuk menemukan senyawa potensial untuk obat harus melalui berbagai proses penelitian.

Mulai dari uji toksisitas, in vitro dan in vivo pada tahap pra klinik, hingga uji klinik fase I, fase II, dan fase III. Hingga sampai akhirnya, obat tersebut bisa diedarkan dan digunakan.

Dalam hal obat dan vaksin COVID-19, ditegaskan bahwa sampai saat ini belum ada satu negara atau lembaga manapun di dunia yang sudah menemukannya untuk menanggulangi COVID-19. Indonesia saat ini tergabung dalam riset Solidarity Trial WHO, yaitu pengujian klinik terhadap 4 alternatif terapi yang dilakukan selama ini.

Riset ini dilaksanakan untuk mendapatkan bukti klinis yang lebih kuat dan valid untuk efektivitas serta keamanan obat yang akan digunakan oleh pasien COVID-19.

"Seluruh pasien COVID-19 dirawat dengan terapi dan obat yang sifatnya suportif yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang, sehingga bisa melawan virus Corona," jelas dr Slamet dari rilis yang diterima detikcom, Senin (3/8/2020).

dr Slamet pun menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya akan informasi yang diragukan kebenarannya. Terlebih pada tokoh publik untuk tidak menimbulkan pro dan kontra terkait COVID-19 ini.

"Kepada seluruh pihak, khususnya tokoh publik, kami harap dapat memberikan pencerahan tentang COVID-19 kepada masyarakat dan bukan sebaliknya menimbulkan pro-kontra," imbuhnya.

Dalam rilisnya, Kemenkes juga menyinggung klaim Hadi Pranoto soal obat yang spesifik bisa menanggulani COVID-19. Ditegaskan, hingga saat ini belum ada satu negara atau lembaga manapun di dunia yang sudah menemukan obat atau vaksin yang spesifik bisa menanggulangi COVID-19.



Simak Video "Ngaku Temukan Obat COVID-19, Hadi Pranoto Beberkan Bahan Dasarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)