Panen Cibiran, Ini Kisah Pertemuan Hadi Pranoto dan Anji Bahas COVID-19

ADVERTISEMENT

Panen Cibiran, Ini Kisah Pertemuan Hadi Pranoto dan Anji Bahas COVID-19

M Solihin - detikHealth
Senin, 03 Agu 2020 19:23 WIB
Hadi Pranoto
Hadi Pranoto panen cibiran usai mengklaim menemukan antibodi virus Corona COVID-19 (Foto: M Solihin/detikHealth)

Meski demikian, Hadi sepakat bahwa COVID-19 merupakan virus yang berbahaya dan perlu kewaspadan. Oleh karenanya ia berharap masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan.

"Kita itu tetap mengedepankan dan menginginkan protokol kesehatan tetap dilakukan dan tetap dijalankan, saya dan Anji pun menyarankan begitu. Tetapi kita ingin segera bangkit dari COVID-19, keinginan kita begitu. Jadi emergency kemanusiaan itu yang kita utamakan," imbuhnya.

Hadi Pranoto merupakan sosok pria yang sempat viral karena dinilai kontroversial usai mengaku memiliki obat herbal yang bisa menyembuhkan penderita COVID-19. Pernyataannya itu disampaikan Hadi saat berbincang dengan penyanyi Anji yang kemudian videonya muncul di YouTube. Belakangan, video itu lenyap dari YouTube.

Hadi mengaku sudah melakukan penelitian sejak tahun 2000 lalu sebelum memproduksi obat herbal yang diklaim jadi penyembuh COVID-19. Ia bersama timnya mulai melakukan penelitian terhadap virus yang berkembang sebelumnya seperti SARS, MERS dan Flu burung. Klaim ini dipertanyakan karena tidak ada jejak laporan ilmiah di jurnal terpercaya.


(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT