Selasa, 04 Agu 2020 05:18 WIB

Round Up

4 Fakta Hadi Pranoto dan Klaim Obat Herbal Corona yang Panen Cibiran

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19. Ramuan itu disebut mampu tingkatkan antibodi dalam mencegah penyebaran COVID-19. Hadi Pranoto yang mengaku profesor mikrobiologi (Foto: ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH)

3. Sebut virus Corona bisa mati di suhu 350 derajat Celcius

Hadi Pranoto juga sempat menyebut bahwa virus Corona COVID-19 baru bisa mati pada suhu 350 derajat Celcius. Namun, pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, PhD, mengatakan berdasarkan penelitian ilmiah virus itu sudah bisa mati pada pemanasan dengan suhu 95 derajat Celcius.

"Studi di Prancis itu mereka sudah coba dari berbagai temperatur dan pada temperatur 95 derajat Celcius itu mati semua dalam artian tidak aktif lagi ini partikel virusnya," jelasnya saat dihubungi detikcom, Senin (3/8/2020).

Ia pun menjelaskan lapisan protein dan RNA dari virus ini akan rusak di suhu 95 derajat Celcius. Sehingga virus tidak bisa lagi berkembang biak.

"Jadi nggak perlu sampai dipanaskan 350 derajat. Malah pertanyaan seperti itu harusnya dikembalikan ke beliau. Beliau bisa menyatakan itu dari literatur yang mana yang menyatakan itu?," imbuhnya.

4. Belum ada negara atau lembaga yang menemukan obat Corona

Melalui rilis yang diterima detikcom, Kementerian Kesehatan RI juga ikut menyinggung klaim Hadi Pranoto terkait obat yang spesifik bisa menanggulangi COVID-19. Pihak Kemenkes menegaskan, hingga saat ini belum ada satu negara atau lembaga manapun di dunia yang sudah menemukan obat atau vaksin spesifik untuk menangani COVID-19.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sao/up)