Selasa, 04 Agu 2020 05:52 WIB

Round Up

4 Fakta Swinger, Fantasi di Balik Viral Pelecehan Seks Berkedok Riset

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Blindfolded woman with red lip on black background Fantasi seks swinger (Foto: iStock)

3. Berisiko tinggi mengalami penyakit seksual

Perilaku seksual yang tidak wajar ini pun tentunya bisa menimbulkan risiko kesehatan pada pelakunya. Berdasarkan penelitian di Belanda, para pelaku swinger sangat berisiko mengalami penyakit seksual, seperti herpes, HIV, dan klamidia.

4. Termasuk kelainan atau tindakan kriminal?

Menurut seksolog dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Heru Oentoeng, M. Repro, SpAnd, fantasi seks ada dua jenis, yaitu fantasi yang normal dan penyimpangan atau parafilia. Fantasi bisa dikatakan parafilia jika orang tersebut mendapat kepuasan dengan cara aneh atau polanya sama, misalnya mendapat gairah saat melakukan kekerasan pada pasangannya.

Pada kasus ini, menurut dr Heru perilaku seseorang tidak dikategorikan kelainan jika masih berhubungan seks secara wajar dengan pasangannya. Jika hanya sekedar wawancara untuk menambah fantasi seksual tanpa terpaku dengan pola tertentu lebih tepat disebut kenakalan hingga kriminal.

"Kalau dia cuma sekedar wawancara, nanya-nanya tanpa ada aktivitas seksual tambahan dan hubungan intim sama istri masih normal sih, itu mah nakal," jelas dr Oentoeng saat dihubungi detikcom, Senin (3/8/2020).

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sao/up)