Selasa, 04 Agu 2020 07:08 WIB

3 Pelajaran dari Flu Spanyol, Pandemi yang Mengakhiri Perang Dunia I

Elsa Himawan - detikHealth
Virus corona dan pandemi flu Spanyol: Wabah pada 1918 menewaskan 50 juta orang, bagaimana perubahan dunia saat itu dan apa yang dapat dipelajari sekarang? Pandemi flu spanyol mewabah di tengah berkecamuknya perang dunia pertama (Foto: BBC World)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 bukan pandemi pertama yang melanda dunia. Pada 1918, flu spanyol juga menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia yang saat itu berada di bawah kekuasaan Belanda.

Penelitian Prof Siddharth Chandra dari Michigan State University menjelaskan bahwa di daerah Jawa dan Madura, kurang lebih ada 4,37 juta korban jiwa dari jumlah penduduk sekitar 60 juta orang yang meninggal akibat flu spanyol.

Dari sejarah itulah, masyarakat saat ini kiranya dapat menerapkan 3 upaya yang pernah dilakukan ketika pandemi flu spanyol melanda, yakni :

1. Membuat inter-coordination Agency

Arie Rukmantara, penulis buku sejarah pandemi, mengungkapkan bahwa pemerintah membentuk Inter-coordination Agency (badan yang mengatur koordinasi antar lembaga) ketika terjadinya flu spanyol. Bukan hanya fokus pada urusan kesehatan, melainkan juga memantau urusan pelabuhan untuk mengatur keluar-masuknya penumpang, dan aturan lainnya, seperti karantina, edukasi.

"Timbulnya wabah ini bukanlah tanggung jawab satu orang atau lembaga saja. Makanya, saat itu terbentuklah inter-coordination Agency," jelas Arie dalam diskusi di Channel YouTube BNPB, Senin (03/08/2020).

2. Edukasi

Saat itu, setiap warga Hindia Belanda (Indonesia) diberikan edukasi tentang penularan, gejala, dan hal-hal lain terkait flu spanyol. Pemberian edukasi juga dilakukan lewat pamflet dan ambulance keliling. Untuk mensosialisasikan pencegahan juga dilakukan secara berulang dan terus menerus supaya masyarakat tidak mudah mengabaikan, bahkan melupakannya.

3. Pemberian sanksi

Tidak hanya membuat masyarakat teredukasi dengan sekadar mengetahui seputar pencegahan flu spanyol, melainkan mewajibkan mereka melakukannya juga. Jika mereka melanggar akan dikenai sanksi baik terhadap masyarakat maupun para petugas sesuai dengan aturan yang diatur pada protokol saat itu.



Simak Video "4 Pelajaran dari Flu Spanyol untuk Lawan COVID-19 Menurut Bill Gates"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)