Selasa, 04 Agu 2020 07:16 WIB

5 ASN di Klaten Positif Idap HIV

Achmad Syauqi - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Tes HIV (Foto: iStock)
Klaten -

Lima orang aparatur sipil negara (ASN) di Klaten ditemukan positif mengidap human immunodeficiency virus ( HIV). Namun belum bisa dipastikan tempat kerjanya di Pemkab Klaten atau instansi lain.

"Untuk 2020 jumlah ASN yang positif HIV, Januari-Juli ada enam orang. Tempat kerjanya di Pemkab Klaten atau bukan baru kita lacak sebab cuma dilaporkan statusnya ASN," ungkap Pengelola Program dan Kegiatan Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Kabupaten Klaten, Fauzi Rivai pada detikcom di kantornya kompleks Pemkab Klaten, Jalan Pemuda, Senin (3/8/2020) siang.

Rivai menjelaskan jumlah ASN sebanyak itu merupakan pengidap yang terdeteksi di wilayah Klaten.

"Temuan ini cukup mengejutkan sebab ada lima orang. Padahal tahun 2019 dan 2018 masing-masing hanya ada satu kasus ASN," lanjut Rivai.

Menurut Rivai, dari lima orang itu ada empat yang baru terjangkit atau HIV. Satu orang sudah fase AIDS dan sudah pernah dirawat.

"Dari lima itu ada satu yang sudah Aids. Dirawatnya iya pernah tapi sekarang sudah tidak," terang Rivai.

Lebih lanjut Rivai mengungkapkan dari lima ASN itu usianya bervariasi dan semua berjenis kelamin laki-laki. Ada yang sudah tua dan ada yang masih usia produktif.

"Ada yang usia 52, 26 dan ada yang 30 tahun. Kita sudah lakukan tracing dan ada dua orang yang mengaku tertular karena pernah menerima transfusi darah, tapi itu dari pengakuan," jelas Rivai.

Selain itu, sambung Rivai, ada indikasi dari kelima orang itu berperilaku sex menyimpang. Bahkan ada yang lelaki suka lelaki (LSL).

"Tiga orang ada indikasi LSL dan dua orang hetrosexual. Ada yang berasal dari luar Klaten tapi dideteksi positif HIV-nya di Klaten," ucap Rivai.

Selanjutnya
Halaman
1 2