Selasa, 04 Agu 2020 09:14 WIB

WHO Sebut Tak Ada Satu Solusi Ampuh untuk Selesaikan Pandemi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: (REUTERS/Denis Balibouse))
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mungkin tidak akan pernah ada satu 'pengobatan ajaib' yang bisa menyelesaikan semua masalah virus Corona COVID-19. Bahkan, ketika para ilmuwan di seluruh dunia berlomba menemukan vaksin yang aman dan efektif untuk penyakit ini.

Meski berbagai macam pengobatan dan perkembangan calon vaksin Corona telah menunjukkan hasil yang baik, tetapi Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengingatkan masyarakat agar tetap melakukan semua tindakan pencegahan.

"Tidak ada 'peluru perak' saat ini dan mungkin tidak akan pernah ada," kata Tedros dalam konferensi pers, Senin (3/8/2020), dikutip dari CNBC.

Peluru perak merupakan kiasan yang berarti tidak ada satu solusi yang bisa menyelesaikan semua masalah sekaligus. Karena itu, Tedros mengimbau para pemimpin dunia untuk lebih cekatan dalam mengendalikan penyakit agar penyebaran virus Corona tidak semakin luas.

"Menguji, mengisolasi, dan merawat pasien serta melacak dan mengkarantina orang yang melakukan kontak fisik dengan mereka. Lakukan semuanya," jelasnya.

Selain itu, masyarakat dapat membantu dalam mencegah penularan virus Corona dengan cara menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air, serta menjaga jarak minimal satu meter.



Simak Video "Kesalahan Strategi Negara dalam Tangani Corona Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)