Selasa, 04 Agu 2020 11:04 WIB

Mengenal Obstruksi Usus, Kondisi yang Bikin Perut Pria di China 'Meledak'

Firdaus Anwar - detikHealth
Usus meledak usai makan sup pangsit Usus meledak usai makan sup pangsit. (Foto: Jiangsu Radio)
Jakarta -

Seorang pria dengan sebutan Wang di China hampir meninggal dunia ketika perutnya 'meledak' saat sedang menyantap pangsit. Pria berusia 63 tahun tersebut diketahui ternyata mengidap kondisi obstruksi usus.

Dikutip dari Daily Mail, Wang mengaku mendengar bunyi letupan dari dalam tubuhnya. Setelah itu ia merasakan nyeri hebat di perut dan terus berkeringat.

Saat dilakukan pemeriksaan, dokter di Huai'an Chinese Medicine Hospital menemukan rongga perut Wang penuh oleh feses. Salah satu dokter, Sun Jiang, mengatakan ada lubang berdiameter sekitar 1,2 inci di bagian ususnya.

Dokter memprediksi Wang sudah mengalami kondisi obstruksi usus lebih dari setahun. Tim dokter mengambil tindakan operasi cepat, menyedot sekitar 3 liter feses dari perut Wang lalu menambal lubang di ususnya.

Dikutip dari National Health Service (NHS) Inggris, obstruksi usus adalah kondisi saat usus tidak berfungsi secara normal. Hal ini menyebabkan masalah penyumbatan di sebagian atau seluruh usus.

Pemicu usus tidak berfungsi secara normal ini bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu:

Obstruksi mekanis = makanan tersumbat karena penyempitan saluran di usus, misalnya karena ada tumor.
Obstruksi fungsional = ada gangguan pada otot atau saraf yang membantu makanan turun di saluran cerna.

Pada kasus Wang, tidak diketahui pasti jenis obstruksi apa yang dialaminya. Menurut laporan kondisi Wang stabil usai menjalani operasi dan kini sedang menjalani masa pemulihan.



Simak Video "China Kembangkan Vaksin Corona dari Sel Serangga"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)