Rabu, 05 Agu 2020 18:00 WIB

Ledakan di Lebanon Tewaskan Puluhan, Begini Kondisi RS Tangani Korban

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sebuah rumah sakit di kawasan Beirut, Lebanon, rusak berat akibat ledakan besar yang terjadi di kawasan tersebut. Berikut penampakannya. Ledakan di Lebanon, Beirut. (Foto: AP Photo/Hassan Ammar)

Kekhawatiran pasokan obat

Petugas kesehatan khawatir tentang nasib salah satu stok vaksin dan obat utama negara itu, di gudang karantina dekat pelabuhan. Mereka mengatakan ratusan ribu dosis yang digunakan untuk pasokan di pusat kesehatan seluruh Lebanon, disimpan di rak-rak tinggi di gudang, di daerah di mana bangunan lain rusak parah.

Beberapa pasien kanker terkena dampaknya

"Di dalam Rumah Sakit St. George, sekitar enam per sepuluh mil dari ledakan, semuanya jatuh, jendela hancur, langit-langit hancur berkeping-keping," kata Dr Noun. Beberapa pasiennya - anak-anak pengidap kanker dan anggota keluarga mereka termasuk yang terluka.

Dua orang tua pasien tersebut juga dilaporkan dalam kondisi kritis. Pecahan kaca dari jendela yang pecah merobek wajah dan tubuh salah satu dari mereka, seorang ayah yang sedang mengunjungi anaknya. "Pria itu diintubasi dan dalam kondisi kritis di rumah sakit lain," kata Dr. Noun.

Dia mengatakan, orang tua dari empat anak yang dirawat karena kanker sangat panik sehingga mereka mengambil anak-anak mereka, mengeluarkan jarum infus mereka dan memasukkannya ke dalam mobil mereka, menuju ke rumah sakit lain atau bahkan pulang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dibantu UEA, WHO Kirim Bantuan ke Lebanon"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)