Jumat, 07 Agu 2020 15:05 WIB

Warga Tolak Pakai Masker, Kematian di AS Diprediksi Bisa Capai 300 Ribu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Amerika Serikat menjadi negara terbanyak dalam kasus virus corona, hal tersebut membuat tenaga medisnya juga sangat terimbas dalam hal pelayanan, seperti ini potretnya. Prediksi angka kematian akibat Corona di Amerika Serikat. (Foto ilustrasi: AP Photo/John Minchillo)
Jakarta -

Para peneliti dari Health Metrics and Evaluation Amerika Serikat membuat model yang memproyeksikan bahwa angka kematian akibat COVID-19 di AS bisa mencapai 300 ribu pada Desember mendatang.

"Perkiraan AS total 295.011 kematian pada Desember," tulis pernyataan Institute for Health Metrics and Evaluation dikutip dari CNN.

Saat ini data dari Universitas John Hopkins memperlihatkan angka kematian virus Corona di Amerika Serikat adalah sebanyak 159.990 jiwa.

Perkiraan jumlah kematian tersebut dianggap mampu dicegah apabila warga AS konsisten mengenakan masker. Seperti yang diketahui, warga AS banyak yang menolak mengenakan masker karena dianggap 'merampas hak asasi' mereka. Bahkan Presiden AS Donald Trump sempat menyebut tidak akan mewajibkan warganya pakai masker.

"Perilaku publik berkorelasi langsung dengan penularan virus dan pada gilirannya, jumlah kematian," kata Direktur IHME Dr Christopher Murray.

Murray menambahkan apabila 95 persen warga AS taat pakai masker maka jumlah kematian akan menurun jadi 228.271 dan lebih dari 66.000 nyawa bisa diselamatkan. Penggunaan masker sendiri disebut mampu mengurangi penyebaran hingga 40 persen.

"Setiap orang yang memakai masker mengerem transmisi sebesar 40 persen," ujar Murray.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) juga merilis perkiraan yang memproyeksikan adanya 181.031 kematian pada 29 Agustus. Beberapa wilayah yang diperkirakan akan menghadapi jumlah kematian terbanyak adalah Florida, Mississippi, New Mexico, Kepulauan Mariana Utara, Ohio, Texas, Vermont dan Kepulauan Virgin.



Simak Video "Cerita Pilu Wanita AS yang Kehilangan Ibu Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)