Sabtu, 08 Agu 2020 06:30 WIB

Sakit Perut Usai Minum Kopi? Ini 3 Penyebabnya

Elsa Himawan - detikHealth
Woman lying on sofa looking sick in the living room. Beautiful young woman lying on bed and holding hands on her stomach. Woman having painful stomachache on bed, Menstrual period Sakit perut usai minum kopi? Ini 3 kemungkinan penyebabnya. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Minum kopi memiliki segudang manfaat, salah satunya membuat aktivitasmu menjadi lebih produktif. Tidak heran, banyak pekerja yang rutin minum kopi sebagai jurus jitu menghilangkan rasa kantuk.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang mengeluh rasa tidak nyaman di perut usai minum kopi. Hal ini bisa disebabkan karena kopi memiliki beberapa senyawa yang bisa menimbulkan sakit perut. Berikut kandungan dari kopi yang bisa bikin kamu sakit perut, dikutip dari Healthline:

1. Kafein

Kafein adalah stimulan alami dalam kopi yang membantu menghilangkan kantuk. Secangkir kopi yang berukuran 240 miligram mengandung sekitar 95 miligram kafein. Meskipun kafein adalah stimulan yang kuat, tetapi terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat membuat kontraksi di seluruh saluran pencernaan lebih sering terjadi.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung.

2. Asam pada kopi

Kopi mengandung banyak asam, seperti asam klorogenat dan N-alkanol-5-hydroxytryptamine untuk meningkatkan produksi asam lambung. Oleh sebab itu, banyak orang merasakan dampak meminum kopi salah satunya bisa memicu kondisi maag semakin buruk.

3. Zat aditif

Sakit perut juga bisa disebabkan karena di dalam kopi terdapat zat aditif, seperti susu, krim, pemanis, atau gula.

Penelitian menunjukkan sekitar 65 persen orang di seluruh dunia tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, sehingga konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dan susu, menimbulkan sakit diare, kembung, dan kram pada perut mereka.




Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)