Sabtu, 08 Agu 2020 14:00 WIB

3 Cara Cegah Terjadinya Klaster Corona di Area Perkantoran

Elsa Himawan - detikHealth
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja Beragam cara bisa dilakukan untuk memutus penularan Corona di kantor. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Prof dr Ascobat Gani, MPH Dr PH, pakar kesehatan masyarakat menyebut area perkantoran jadi salah satu klaster paling rawan dalam penularan virus Corona, COVID-19.

Hal ini dikarenakan perkantoran merupakan lingkungan tertutup sehingga pertukaran udaranya cukup sedikit. Alasan lain juga dikarenakan kawasan perkantoran adalah titik berkumpulnya banyak orang dari berbagai pemukiman.

Oleh sebab itu, dr Ascobat menganjurkan beberapa tips untuk mengantisipasi paparan dan penyebaran virus Corona di dalam perkantoran:

1. Sesuaikan jumlah orang dengan luas ruangan perkantoran

dr Ascobat menghimbau untuk memperhatikan perbandingan antara luas perkantoran dan jumlah orang di sana agar sistem jaga jarak bisa tetap terjaga.

"Misalkan ketika rapat, kita harus memperhatikan luas ruangan itu dengan jumlah orangnya. Apabila jumlahnya cukup banyak, cari ruangan yang besar," ujar dr Ascobat melalui siaran langsung BNPB, Jumat (08/08/2020).

2. Atur ventilasi udara

Ruangan tertutup berpotensi menyebarkan virus Corona lebih luas, dikarenakan sirkulasi udara yang tidak cukup baik. Oleh sebab itu, dr Ascobat menganjurkan untuk membuka ventilasi agar terjadi pertukaran udara luar ke dalam.

"Sebaiknya, air conditioner dimatikan dan diganti dengan udara dari luar. Makanya, ventilasi udara harus tetap terbuka" tambahnya.

3. Rapat diadakan secara singkat

dr Ascobat juga menegaskan untuk tidak melakukan rapat di dalam ruangan dengan durasi yang lama. Hal ini juga dianggap menjadi salah satu upaya dalam meminimalisir penularan virus Corona.



Simak Video "Klaster Pasien Rumah Sakit Jadi Klaster Tertinggi di DKI Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)