Senin, 10 Agu 2020 16:29 WIB

Sehari Jelang Uji Vaksin Sinovac, Menkes Terawan Datangi RSP Unpad

Siti Fatimah - detikHealth
Menkes Terawan kunjungi RS Pendidikan Unpad Menkes Terawan mengunjungi RS Pendidikan Unpad (Foto: Istimewa)
Bandung -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman, Kota Bandung, Senin (10/8/2020). Dalam kunjungannya, dia memastikan kesiapan ruang uji klinis vaksin COVID-19 fase 3 yang akan dilaksanakan pada Selasa (11/8/2020) besok.

Dia mengatakan, pelaksanaan imunasasi kepada relawan harus berjalan baik. Itu sebabnya, Presiden RI Joko Widodo akan meninjau langsung pelaksanaan uji vaksin Sinovac di RSP Unpad.

"Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau," kata Menkes Terawan dalam keterangan pers yang diterima detikcom.

Kunjungan Menkes Terawan didampingi langsung Rektor Unpad Rina Indiastuti, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Setiawan, serta Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Dr. Kusnandi Rusmil.

Terkait proses penyuntikan vaksin asal Sinovac, China, tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin yang berada di lantai 2 gedung RSP Unpad sudah dilakukan sterilisasi.

"Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan," kata Setiawan.

Selain itu, pihaknya juga memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun relawan uji klinis. Menurutnya, keseluruhan peserta dan panitia sudah melakukan tes PCR dan yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin.

"Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subyek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal," ujarnya.

Ditemui usai mendampingi Menkes Terawan, Rektor Unpad menjelaskan, proses uji klinis vaksin COVID-19 merupakan hasil kerja sama Unpad dengan Biofarma.

"Karena itu, Pak Menkes ingin memastikan apakah penyuntikan perdana itu akan bisa berjalan baik. Beliau juga melihat bagaimana kapasitas Unpad untuk bisa mengerjakan riset dan inovasi lainnya," pungkas Rina.



Simak Video "Uji Vaksin Corona Sinovac: 90% Lebih Hasilkan Antibodi "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)