Rabu, 12 Agu 2020 11:44 WIB

Gandeng China, Arab Saudi Mulai Uji Klinis Fase 3 Vaksin Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Arab Saudi gandeng China untuk lakukan uji klinis fase ketiga vaksin Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Arab Saudi mulai melaksanakan uji klinis fase ketiga vaksin untuk virus Corona COVID-19. Uji klinis tersebut akan melibatkan setidaknya 5.000 sukarelawan yang berada di negara tersebut.

Menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi, pengujian ini dilakukan sebagai upaya untuk melawan pandemi virus Corona yang saat ini sudah menyebar ke banyak negara. Uji fase ketiga ini dilakukan di pusat kesehatan di tiga wilayah, yaitu Riyadh, Makkah, dan Damman.

Uji klinis ini juga dilakukan sebagai bagian dari perjanjian antara Kementerian Arab dengan perusahaan pengembang vaksin di China, yaitu CanSino.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di The Lancet, pada uji di fase kedua vaksin Corona tersebut telah terbukti aman dan bisa memicu respon imun yang signifikan pada sebagian besar relawan vaksin saat itu.

Vaksin ini menggunakan virus flu yang tidak berbahaya yang dikenal dengan Adenovirus type-5 (Ad5). Virus ini membawa materi genetik dari virus Corona ke dalam tubuh relawan vaksin yang berusia di atas 18 tahun, sehingga membentuk kekebalan tubuh.

Di Arab Saudi, kasus virus Corona yang terkonfirmasi jumlahnya masih naik-turun. Ini terjadi pasca Hari Raya Idul Adha lalu, karena banyak masyarakat setempat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Saat ini, di Arab Saudi terdapat 1.816 pasien yang sedang menjalani perawatan intensif. Selain itu, ada pertambahan jumlah kasus baru sebanyak 1.428 pada Minggu (9/8/2020), sehingga totalnya mencapai 288.690. Sementara pasien yang sembuh mencapai 252.039 orang.

"Angka-angka ini memang sedikit meningkat, tetapi mereka bukan penyebab utama wabah atau kluster penularan (saat ini)," kata juru bicara Kementerian Arab Saudi, yang dikutip dari Arab News, Rabu (12/8/2020).



Simak Video "Janji India Bagikan Vaksin Corona Buatannya ke Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)