Kamis, 13 Agu 2020 14:15 WIB

Studi Ungkap 2 Gejala yang Bisa Dirasakan Pasien Corona Usai Sembuh

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
wanita kesulitan bernapas Ilustrasi orang sedang sesak napas. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Studi terbaru menyebut kelelahan dan sesak napas bisa menjadi gejala yang masih dirasakan pasien usai sembuh dari virus Corona COVID-19.

Dikutip dari Times of India, studi University of Leeds dan Leeds Teaching Hospitals NHS Trust ini meneliti kehidupan sejumlah pasien Corona yang telah dinyatakan sembuh untuk mengetahui apakah ada pola gejala jangka panjang yang dialami pasien.

Studi tersebut melibatkan sebanyak 100 pasien yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni 32 orang dengan gejala parah yang harus membutuhkan perawatan di unit perawatan intensif (ICU) dan 68 orang lagi dikategorikan hanya mengalami gejala ringan hingga sedang, yang tidak perlu perawatan di ICU. Studi ini pun telah diterbitkan di Journal of Medical Virology.

Berdasarkan analisis, dilaporkan bahwa sebagian besar pasien Corona mengalami gejala menetap usai dinyatakan sembuh, seperti sebagai berikut.

Kelelahan

Hampir 60 persen pasien yang terlibat dalam penelitian ini mengaku mengalami kelelahan selama beberapa minggu setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Selain itu, beberapa pasien juga melaporkan mengalami nyeri otot dan jantung berdebar lebih cepat dari biasanya.

Respons imun yang tidak tepat serta adanya serangan inflamasi atau badai sitokin diduga sebagai penyebab gejala kelelahan ini. Kelelahan pasca pemulihan juga pernah terjadi pada beberapa wabah penyakit sebelumnya, salah satunya seperti SARS.

Sesak napas

Gejala selanjutnya yang bisa dirasakan oleh pasien Corona setelah sembuh adalah sesak napas dan nyeri dada. Bahkan, pada beberapa pasien gejala sesak napas bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Gejala ini umumnya terjadi pada pasien dengan gejala parah yang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Sesak napas juga bisa menjadi pertanda adanya risiko kerusakan atau komplikasi jantung pada pasien.



Simak Video "Deretan Negara yang Terapkan Kremasi untuk Jasad Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)