Kamis, 13 Agu 2020 16:38 WIB

Kasus Aktif Corona di Indonesia Turun 17 Persen Sebulan Terakhir

Firdaus Anwar - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan kasus aktif Corona di Indonesia terus mengalami penurunan. Selama sebulan terakhir, kasus aktif Corona di Indonesia turun sebanyak 17,74 persen.

Sebelumnya, pada 13 Juli 2020 Satgas melaporkan kasus aktif ada di angka 47,59 persen. Kini per 12 Agustus sudah menjadi 29,85 persen.

Kasus aktif sendiri artinya adalah kasus orang-orang yang masih dianggap sakit dari total seluruh kasus terkonfirmasi. Semakin sedikit kasus aktif artinya semakin sedikit orang yang saat ini dirawat di fasilitas kesehatan.

"Pada tanggal 12 Agustus kemarin jumlah kasus aktif di Indonesia adalah 29,85 persen yang sudah berada di bawah rata-rata dunia yaitu 30.51 persen. Ini adalah kabar yang baik karena jumlah kita kasus aktifnya sudah menurun di bawah rata-rata dunia," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube milik Sekretariat Presiden, Kamis (13/8/2020).

Meski kasus aktif Corona di Indonesia berkurang, Wiku mewanti-wanti agar semua pihak tetap waspada. Tidak menutup kemungkinan kasus aktif akan kembali meningkat bila orang-orang mulai lengah dan tidak peduli pada protokol kesehatan.

"Kita harus waspada bahwa jumlah kasus aktif ini meningkat apabila kita lengah dalam menangani kasus dan masyarakat lengah tidak menjalankan protokol kesehatan. Jadi ini betul-betul menjadi perhatian kita semua," pungkasnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)