Jumat, 14 Agu 2020 07:48 WIB

Jejak Corona Ditemukan Juga di Chicken Wings Impor dari Brasil

Ayunda Septiani - detikHealth
sayap ayam Jejak Corona ditemukan di sayap ayam impor dari Brasil. (Foto ilustrasi: detikfood)
Jakarta -

Pemerintah kota Shenzhen, China kembali melaporkan adanya virus Corona di dalam kemasan beku yang diimpor. Kali ini virus Corona terdeteksi di kemasan ayam beku yang diimpor dari Brasil.

Pusat Pengendalian Penyakit China menguji sampel yang diambil dari permukaan sayap ayam beku sebagai bagian dari pemeriksaan rutin pada makanan, hasil laut impor, dan produk daging.

Pemeriksaan terhadap bahan makanan impor ini dilakukan sejak Juni lalu, ketika wabah virus Corona ditemukan di pasar makanan laut Xinfadi di Beijing.

Otoritas kesehatan Shenzhen, China pun kemudian melacak dan menguji semua orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan ayam beku impor tersebut. Mereka juga menguji produk makanan yang disimpan di dekat bahan yang tercemar virus Corona. Semua hasilnya dinyatakan negatif.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (12/8/2020) otoritas China menemukan virus Corona pada kemasan udang yang diimpor dari Ekuador.

Pihak berwenang kini melacak produk terkait dari merek yang sama yang telah dijual, dan telah mendisinfektan area penyimpanan sayap ayam yang terkontaminasi.

Otoritas kesehatan, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, mengatakan kemungkinan tertular virus melalui makanan rendah.

Dikutip dari laman CNN, para ahli mengatakan bahwa meskipun virus SARS-nCoV-2 mampu menginfiltrasi makanan atau bahan kemasan, namun virus tidak dapat bereproduksi dan tidak bisa bertahan lama dalam suhu kamar.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)