Jumat, 14 Agu 2020 12:30 WIB

Mengenal Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jessica Mila saat berkunjung ke kantor detikcom. Jessica MIla idap kelainan tulang skoliosis sejak SMP. (Foto: Dicky Ardian/detikHOT)
Jakarta -

Artis cantik Jessica Mila bercerita bahwa dirinya mengidap kelainan tulang belakang skoliosis. Kondisi ini dialaminya sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Meski begitu, Jessica merasa kondisinya sampai saat ini baik-baik saja. Untuk mencegah rasa sakit di tulang belakangnya kambuh, Jessica hanya perlu rajin berolahraga dan menjaga pola hidupnya.

"Tetap aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," jelas Jessica yang ditemui usai mengisi acara Santuy Malam, Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2020).

Apa itu skoliosis?

Skoliosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke samping. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini paling sering terjadi selama pertumbuhan, sebelum masuk masa pubertas.

Kondisi kelainan tulang belakang skoliosis ini bisa disebabkan karena beberapa kondisi, misalnya cerebral palsy dan distrofi otot. Tetapi, sebagian besar penyebabnya belum bisa diketahui secara pasti.

Saat kondisi skoliosis ini sampai pada tahap yang berat, bisa sampai melumpuhkan keadaan orang yang mengidapnya. Perubahan kurva pada tulang belakang tersebut bisa mengurangi ruang di dalam dada, hingga menyebabkan paru-paru sulit bekerja dengan baik.



Simak Video "5 Fakta Skoliosis, Kelainan Tulang yang Diidap Jessica Mila Sejak SMP"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)