Jumat, 14 Agu 2020 14:54 WIB

Kata Dokter Paru Soal CDC Larang Masker yang Ada Exhaust-nya

Defara Milenia Romadhona - detikHealth
Side view image of young man wearing anti-smog mask for health and lungs protection in the city. City pollution concept Masker dengan ventilasi (Foto: Getty Images/Mixmike)
Jakarta -

Baru-baru ini Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menegaskan bahwa masker yang memiliki vent atau ventilasi tidak boleh dipakai. Jenis masker ini disebut tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus Corona COVID-19.

"Masker dengan katup atau ventilasi pernapasan TIDAK boleh dipakai untuk membantu mencegah orang yang memakai masker menyebarkan COVID-19 ke orang lain," sebut laman resmi CDC terkait pedoman barunya.

Masker dengan ventilasi satu arah kerap dilengkapi juga dengan kipas exhaust. Untuk menangkal polusi memang efektif karena masker ini mengalirkan udara dari dalam masker keluar, tetapi tetap bisa menyaring udara yang masuk.

Namun untuk pencegahan virus Corona tentu tidak efektif. Seandainya pemakainya adalah carrier alias positif COVID-19, maka ia bisa menularkan lewat droplet yang keluar dari ventilasi.

Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, membenarkan bahwa masker semacam itu memang tidak efektif mencegah penularan virus Corona COVID-19. Bahkan, dr Erlang menyebut masker yang memiliki exhaust ini bisa membahayakan. Mengapa begitu?

Kalau orang terkonfirmasi sakit COVID-19 kemudian pakai masker ini, sama saja nggak pakai masker. Dia terlindungi dari ancaman luar, tapi justru mengancam orang di luardr Elang Samoedro, SpP - RS Paru Persahabatan

"Ya tidak efektif lah. Kan slogannya masker Anda melindungi saya. Nah kalau ada vent-nya berarti masker Anda tidak melindungi saya," sebut dr Erlang saat dihubungi detikcom Jumat (14/8/2020).

"Malah masker Anda mencelakai saya," tegasnya.

Menurut dr Erlang, pasien Corona yang menggunakan masker ini layaknya tidak seperti memakai masker.

"Kalau orang terkonfirmasi sakit COVID-19 kemudian pakai masker ini, sama saja nggak pakai masker. Dia terlindungi dari ancaman luar, tapi justru mengancam orang di luar," pungkasnya.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)