Minggu, 16 Agu 2020 07:08 WIB

Cegah Penularan Corona, Wilayah Spanyol Terapkan Larangan Merokok

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi Rokok Foto: (iStock)
Jakarta -

Sebuah wilayah di Spanyol telah memberlakukan larangan merokok di tempat umum dan terbuka karena khawatir mengenai risiko penularan virus Corona. Larangan merokok ini termasuk di jalanan, bar, restoran, dan tempat lain di mana jarak sosial sulit diterapkan.

Wilayah barat laut Spanyol, Galicia, adalah daerah pertama yang menerapkan aturan ini, disusul oleh Kepulauan Canary. Kebijakan ini diambil saat Spanyol menghadapi tingkat infeksi COVID-19 terburuk di Eropa Barat.

Larangan merokok di Galicia diumumkan pada Rabu (12/8/2020) setelah para ahli kesehatan merekomendasikan tindakan pencegahan tersebut kepada pemerintah. Dilansir dari BBC, langkah tersebut juga didasari oleh penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan Spanyol yang menguraikan hubungan antara merokok dan peningkatan penyebaran virus Corona.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa risiko infeksi COVID-19 meningkat karena orang yang merokok berpotensi menularkan droplet lewat hembusan napas. Perokok juga bisa terinfeksi saat mereka melepas masker dan menyentuh mulut saat merokok.

"Telah terbukti bahwa penggunaan tembakau, dalam bentuk apapun, memperburuk penyakit. Bukti saat ini menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk keparahan gejala," kata Presiden Regional Wilayah Galicia, Alberto Núñez Feijóo, dalam konferensi pers.

Pejabat di wilayah lain termasuk Madrid, Andalucia, dan Valencia juga dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk menetapkan larangan merokok.

Tindakan serupa telah diberlakukan di tempat lain, seperti di Afrika Selatan di mana penjualan rokok dan tembakau lainnya sudah dilarang sejak akhir Maret.



Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)