Minggu, 16 Agu 2020 13:42 WIB

Viral Batu Laku Dijual di Lapak Online, Netizen: Bisa Bersihkan Daki?

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral batu Viral batu dijual di lapak online. (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Di media sosial viral unggahan tangkapan layar yang menunjukkan toko-toko online menjual batu. Disebutkan bahwa batu-batu tersebut berfungsi untuk membantu bersihkan daki saat mandi.

Sebagian netizen bercerita tentang pengalamannya menggunakan batu saat mandi, tapi ada juga yang penasaran apakah batu benar-benar bisa membuat kulit jadi lebih bersih.

"188 orang membelinyaa untuk apaa.. untuk apaa," kata satu pengguna Twitter.

"Pantes dulu di kamar mandi pernah ada batu, buat gosok daki toh ternyata," komentar lainnya.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV, dari DNI Skin Centre, mengatakan sebetulnya tidak dianjurkan membersihkan kulit dengan batu. Ini karena permukaan batu yang kasar malah berisiko mengiritasi dan melukai kulit.

"Daki sebenarnya terdiri dari kotoran udara atau debu lingkungan yang menempel di kulit karena keringat, ditambah lapisan kulit mati. Gosokan pada kulit dengan batu ini bisa menyebabkan luka dan iritasi kulit," kata spesialis dokter kulit ini saat dihubungi detikcom dan ditulis Minggu (16/8/2020).

Untuk membersihkan daki, dr Darma menyarankan cukup dengan mandi menggunakan sabun. Gosokan yang tepat pada kulit sudah bisa membuat kulit bersih dari daki.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)