Minggu, 16 Agu 2020 17:01 WIB

Daripada Gosok Kulit Pakai Batu, Ini Saran Dokter Bila Ingin Bersihkan Daki

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral batu Viral batu dijual di lapak online. (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Viral unggahan yang memperlihatkan toko online menjual batu untuk membersihkan daki. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan batu di atas kulit saat mandi, sehingga daki kemudian mengelupas dari kulit.

"Sensasi menggosok daki dengan batu saat berendam air panas itu nikmat sekali," komentar satu pengguna Twitter.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV, dari DNI Skin Centre, mengatakan sebetulnya tidak dianjurkan membersihkan kulit dengan batu. Ini karena permukaan batu yang relatif kasar malah berisiko mengiritasi dan melukai kulit.

Menurut spesialis kesehatan kulit ini, daki yang terdiri atas kotoran debu dan sel kulit mati dapat dibersihkan dari tubuh cukup dengan memakai sabun.

"Cara membersihkan daki yang benar adalah dengan mandi memakai sabun dan menggosok secara tepat. Karena daya perekat utama daki adalah keringat dan bakteri kulit yang bersifat asam, maka sabun yang bersifat basa dapat membantu membersihkannya," kata dr Darma pada detikcom dan ditulis Minggu (16/8/2020).

Bila masih tidak puas, dr Darma menyarankan coba lulur yang bisa dilakukan seminggu sekali.

"Namun, jangan luluran lebih sering dari sekali seminggu karena dapat membuat kulit menjadi tipis dan mudah teriritasi. Untuk hasil yang baik, berendamlah dengan air hangat kurang lebih sekitar 5 menit agar scrub pada luluran mudah mengangkat daki yang menempel pada pori-pori kulit," pungkasnya.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)