Selasa, 18 Agu 2020 19:01 WIB

Pria Bandung Ini Daftar Relawan Vaksin COVID-19 Gara-gara Film Thriller

Yudha Maulana - detikHealth
Penampakan vaksin Corona Sinovac Petugas menyiapkan vaksin Corona (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Film 'I Am Legend' yang dibintangi aktor kawakan Will Smith menginspirasi Karyana Ardi Sumirat untuk menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 di Kota Bandung. Film berlatar kota New York itu menceritakan tentang seorang lelaki yang berjuang membuat vaksin sambil bertahan dari gempuran mutan.

Meski terdengar konyol, Ardi mengatakan bahwa ia memang betul-betul ingin agar Indonesia bisa terbebas dari COVID-19.

"Ya pertama memang terdengar konyol, tapi saya lihat di film 'I Am Legend', dia sendiri punya imunitas untuk menyembuhkan penyakit dari virus kaya gitu. Di situ, saya juga jarang sakit, siapa tahu dengan menjadi relawan saya bisa membantu pengembangan vaksin," ujar Ardi saat dihubungi detikcom, Selasa (18/8/2020).

Seperti diketahui, uji klinis vaksin COVID-19 tengah berlangsung sejak tanggal 11 Agustus 2020 lalu di Kota Bandung. Ratusan orang dari 1.620 orang relawan tersebut telah mendapatkan vaksin buatan Sinovac dari China tersebut secara bertahap.

Ardi mengatakan, tak ada keluhan atau efek samping yang berarti setelah diberi vaksin tersebut. "Efeknya enggak kerasa. Kalau misalnya efeknya memang reaktif, ada gejala misal demam itu karena memang karena daya tahan tubuhnya kurang fit. Bagi saya sampai hari ini tidak ada keluhan apapun," ucap Ardi.

"Memang kita juga dipantau dan diberi kartu catatan, andaikata ada pembengkakan atau keluhan apapun. Nanti dicatat di sana, sejauh ini belum ada keluhan alhamdulillah," ucapnya melanjutkan.

Alih-alih merasa sakit, Ardi juga merasa pikirannya lebih tenang setelah menerima vaksinasi. Setelah disuntik berbarengan dengan sang kakak pada 11 Agustus kemarin di RSP Unpad, ia merasa lebih terlindungi dari ancaman COVID-19.

Kendati begitu, ia menegaskan akan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi ini, walau sudah mendapatkan suntikan vaksin. "Rasanya lebih plong saja, lebih enjoy dan tenang. Kalau soal nafsu makan ya standar saja, hawa-hawanya enggak dari vaksin kalau soal yang itu," ucapnya.



Simak Video "Rekomendasi Baru Sinovac soal Penggunaan Vaksin Corona Buatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/up)