Senin, 24 Agu 2020 13:43 WIB

Gejala Infeksi Salmonella yang Mewabah di AS di Tengah Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Viewed Under Scanning Electron Microscope Sem. (Photo By BSIP/UIG Via Getty Images) Gejala saat terinfeksi bakteri Salmonella. (Foto: BSIP/UIG Via Getty Images)
Jakarta -

Belum selesai dengan pandemi virus Corona, Amerika Serikat dikejutkan dengan munculnya wabah Salmonella sejak 19 Agustus 2020 lalu. Diduga wabah Salmonella Enteritidis ini bersumber dari buah persik yang dijual para pengecer.

Pada 19 Agustus lalu, pasien yang sakit dan dirawat di rumah sakit akibat wabah Salmonella ini mencapai 68 pasien yang berasal dari sembilan negara bagian di Amerika Serikat. Dengan adanya pemberitahuan ini, pihak Food and Drug Administration (FDA) menghimbau masyarakat untuk segera membuang buah persik yang dibelinya sebelum 3 Agustus 2020.

Gejala apa saja yang bisa muncul?

  1. Diare (bahkan bisa berdarah)
  2. Demam
  3. Kram perut
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit kepala

Sebagian orang yang terinfeksi Salmonella akan mengalami diare, demam, dan kram perut 6 jam bahkan 6 hari setelah terpapar bakteri. Biasanya penyakit ini akan berlangsung selama 4-7 hari, bahkan kebanyakan bisa sembuh tanpa pengobatan.

Dikutip dari laman resmi CDC, infeksi Salmonella bisa menyebar dari usus, ke aliran darah, dan kemudian ke area lain yang ada di dalam tubuh.

Pada beberapa orang, penyakit ini mungkin bisa sangat parah, sehingga perlu dirawat di rumah sakit. Gejala ini bisa muncul pada anak-anak di bawah 5 tahun sampai 65 tahun, terutama orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.



Simak Video "AS Bersiap Sambut Turis Asing Mulai November 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)