Jumat, 28 Agu 2020 13:01 WIB

Novel Baswedan Sempat Demam dan Batuk, Begini Urutan Gejala Umum COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Korban penyiraman air keras Novel Baswedan bicara alasannya tak ikut rekonstruksi yang digelar polisi. Faktor kesehatan jadi alasan ia tak ikut rekonstruksi itu Novel Baswedan positif terinfeksi virus Corona. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Penyidik KPK Novel Baswedan dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Ia mengaku tidak mengalami gejala terkait penyakit tersebut, seperti sesak napas.

Namun, ia sempat demam disertai batuk tiga pekan sebelumnya. Novel mengatakan sampai menjalani tes swab, ia masih batuk sedikit dan disertai lendir.

"Sebetulnya gini... 3 pekan lalu saya demam, 3 pekan ya, dan kemudian saya ada menyertai demam itu batuk, biasanya kalau saya batuk itu sebulan. Dan ketika swab kemarin masih ada batuk sedikit, masih ada lendir sedikit, mungkin itu ter-capture Corona atau Corona beneran nggak tahu," jelas Novel pada detikcom, Jumat (28/8/2020).

"Tapi yang jelas alhamdulillah aku nggak ada gejala, nggak ada sesak napas," imbuhnya.

Saat seseorang terinfeksi COVID-19, bisa mengalami gejala yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil studi sekelompok peneliti dari University of Southern California (USC), akhirnya menemukan kemungkinan urutan gejala umum COVID-19.

"Mengetahui urutan gejala ini penting ketika kita memiliki banyak penyakit yang bisa saling tumpang tindih, misalnya wabah flu berbarengan dengan COVID-19. Dokter bisa menentukan langkah yang tepat untuk pasien dan mencegah kondisinya jadi lebih buruk," jelas salah satu peneliti studi, Peter Khun, dikutip dari Medical News.

Berikut kemungkinan urutan gejala umum COVID-19 yang dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Public Health:

1. Demam

2. Batuk

3. Sakit tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri otot

4. Mual dan muntah

5. Diare



Simak Video "Covid-19 Bisa Sebabkan Myasthenia Gravis, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)