Senin, 31 Agu 2020 15:05 WIB

Istilah 'Anjay' Jadi Kontroversi, Kapan Kata Ini Sebaiknya Tidak Digunakan?

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi marah Istilah 'Anjay jadi kontroversi, kapan kata ini sebaiknya tidak digunakan? (Foto ilustrasi: Ilustrasi/ Thinkstock)
Jakarta -

Istilah 'Anjay' tengah jadi perbincangan setelah dilaporkan salah seorang Youtuber Lutfi Agizal ke Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Awalnya Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta penggunaan kata 'anjay' dihentikan sekarang juga. Komnas PA menilai kata 'anjay' yang sedang populer dipakai anak-anak bisa berpotensi dipidana.

Kapan sebaiknya kata anjay tidak digunakan?

Psikolog sekaligus konselor Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan, untuk cari aman sebaiknya kata 'Anjay' tidak digunakan dan bisa diganti dengan kata yang lain.

"Sebaiknya untuk amannya tidak usah digunakan sama sekali karena kan kita masih bisa menggunakan kata-kata lain yang lebih netral maknanya," jelas Rahma saat dihubungi detikcom Senin (31/8/2020).

Selain itu, Rahma juga mengatakan, sebaiknya kata tersebut tidak digunakan jika tujuan kata tersebut untuk hal yang bermakna negatif, tidak digunakan saat situasi formal, dan saat berbicara dengan orang tua, guru, dan orang orang yang usianya jauh di atas kita.

"Sebaiknya tidak digunakan pada orang yang belum akrab, tidak digunakan juga pada orang yang menurut kita akan sensitif perasaannya mendengar kata tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)