Senin, 31 Agu 2020 19:06 WIB

Satgas COVID-19: 30 Persen Kasus Corona DKI Berasal dari Bodetabek

Firdaus Anwar - detikHealth
Replika peti mati terlihat di kawasan Kemang, Jakarta. Keberadaan replika peti mati tersebut untuk mengingatkan warga akan bahaya COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

DKI Jakarta masih jadi provinsi dengan jumlah kasus Corona COVID-19 terbanyak di Indonesia. Hingga hari Senin (31/8/2020), tercatat ada 39.037 kasus Corona terkonfirmasi di DKI Jakarta atau sekitar 22,7 persen dari total kasus Corona Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan meski DKI memiliki jumlah kasus Corona terbanyak, sebagian sebetulnya kontribusi dari daerah sekitar. Ada sekitar 30 persen kasus di DKI Jakarta yang merupakan warga dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

"Kami perlu sampaikan bahwa kasus-kasus di DKI Jakarta ini 30 persennya berasal dari daerah sekitar yaitu Bodetabek," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Senin (31/8/2020).

"Itu berkontribusi terhadap kasus yang ada di Jakarta dan harus ditangani dengan baik," lanjutnya.

Wiku juga menjelaskan bahwa saat ini kapasitas 170 rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 di DKI Jakarta sudah terisi penuh sekitar 70 persen. Spesifiknya ruang isolasi terpakai sekitar 69 persen dan ICU terpakai 77 persen per 28 Agustus 2020.

Pemerintah saat ini sedang berusaha menurunkan angka keterpakaian tersebut dengan mengoptimalkan RSD Wisma Atlet. RS rujukan yang penuh bisa memindahkan pasien bergejala ringan hingga sedang ke RSD Wisma Atlet.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)