Selasa, 01 Sep 2020 16:29 WIB

Novel Baswedan Sebut Masa Kritis Keluarganya karena COVID-19 Sudah Lewat

Firdaus Anwar - detikHealth
Novel Baswedan Positif Covid-19 (Foto: Tangkapan layar @Novelbaswedanofficial)
Jakarta -

Penyidik KPK Novel Baswedan dan beberapa anggota keluarganya dikabarkan positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Istri dan empat orang anak Novel Baswedan terdeteksi positif dengan kondisi minim atau tanpa gejala.

Kini Novel mengabarkan ia dan keluarganya pada hari Selasa (1/9/2020), baru saja selesai melakukan cek kesehatan di poli khusus COVID-19. Hasilnya kondisi mereka baik-baik saja dan menurut keterangan dokter sudah lewat dari masa kritis.

"Alhamdulillah semua hasil tes bagus. Mnrt dokter fase2 kritis virus sdh lewat, tinggal tunggu tahapan isolasi agar baik total. Semoga semua sehat, Aamiiin," cuit Novel Baswedan di Twitter.

Apa yang dimaksud masa kritis virus?

Dikutip dari halaman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasien positif Corona yang disebut minim gejala bisa dibagi jadi dua kelompok. Ada pasien yang benar-benar tidak memiliki gejala (asimtomatik) atau pasien yang sebenarnya belum muncul gejala (presimtomatik).

"Bedanya adalah orang yang asimtomatik tidak akan sama sekali menunjukkan gejala selama periode infeksi, sementara presimtomatik hanya awalnya saja tidak menunjukkan gejala," tulis WHO.

"Mengetahui dua hal ini akan sangat penting bagi strategi kesehatan publik dalam mengendalikan transmisi," lanjut WHO.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)