Jumat, 11 Sep 2020 08:37 WIB

Studi Ungkap Gejala COVID-19 yang Umum Dialami Pasien Anak-anak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Gejala terbaru COVID-19 pada pasien anak-anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Sebuah studi terbaru menemukan beberapa gejala baru yang muncul saat anak-anak terinfeksi virus Corona. Ada tiga gejala yang paling umum dirasakan, yaitu sakit kepala, demam, dan kelelahan.

"Kami perlu memberitahu masyarakat tentang adanya perbedaan gejala COVID-19 dari berbagai usia, daripada harus terus berpaku pada gejala umum yang kebanyakan dialami orang dewasa. Misalnya seperti batuk demam, batuk, dan menurunkan indra penciuman," jelas Pemimpin penelitian Profesor Tim Spector dari King's College London, dikutip dari The Guardian Jumat (11/9/2020).

Gejala baru ini ditemukan melalui penelitian yang dilakukan oleh tim dari COVID-19 Symptoms Tracker berdasarkan dari laporan 198 anak yang dinyatakan positif. Mereka menemukan adanya data baru terkait gejala-gejala yang dialami anak-anak berbeda dengan orang dewasa.

Hasilnya, sepertiga dari anak-anak tersebut dinyatakan positif tidak menunjukkan adanya gejala apapun. Sedangkan sisanya, mereka mengalami gejala yang ternyata berbeda dengan orang dewasa.

Sebanyak 55 persen anak mengalami kelelahan, 54 persen mengalami sakit kepala, dan hampir setengahnya mengalami demam.

Sementara itu, gejala lainnya seperti sakit tenggorokan hanya dirasakan sekitar 38 persen anak yang bergejala, 15 persen nafsu makannya menurun, 15 persen mengalami ruam kulit, dan 13 persen lainnya mengalami diare.

Spector mengatakan, perbedaan gejala COVID-19 antara anak-anak dan dewasa bisa juga disebabkan karena perbedaan cara sistem kekebalan tubuh dalam menanggapi serangan virus.



Simak Video "Penyebab Hilangnya Indra Penciuman Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)