Selasa, 15 Sep 2020 13:10 WIB

WHO Prediksi Eropa Akan Hadapi Banyak Kematian karena Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Virus corona: Drama Covid-19 di New York, kota yang kewalahan mengurusi jenazah dan rumah sakit darurat di tengah kota WHO prediksi Eropa akan hadapi banyak kematian karena Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa Eropa akan mengalami peningkatan jumlah kasus kematian harian virus Corona COVID-19 pada bulan Oktober dan November.

Hal ini dikarenakan kasus di Eropa meningkat tajam dalam beberapa minggu terakhir, terutama di Spanyol dan Prancis. Lebih dari 51.000 kasus baru dilaporkan pada hari Jumat (11/9/2020) di 55 negara yang dipantau oleh WHO Eropa, ini lebih tinggi dari puncak kasus di April 2020 lalu.

"Ini akan menjadi lebih sulit. Pada bulan Oktober, November, kita akan melihat lebih banyak kematian," jelas direktur WHO Eropa Hans Kluge, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

Lebih dari 50 negara anggota WHO Eropa mengadakan pertemuan online pada hari Senin dan Selasa untuk membahas respon mereka terhadap virus Corona dan menyepakati strategi lima tahun mereka secara keseluruhan.

Namun Hans Kluge, mengeluarkan peringatan kepada mereka yang yakin bahwa pengembangan vaksin akan mengakhiri pandemi.

"Saya mendengar sepanjang waktu: 'vaksin akan menjadi akhir dari pandemi'. Tentu saja tidak. Kami bahkan tidak tahu apakah vaksin itu akan membantu semua kelompok populasi," ujar Kluge.

Kluge memperingatkan pendekatan yang digunakan untuk mengatasi pandemi COVID-19 harus berdasarkan pada data epidemiologis dan kesehatan masyarakat. Dia juga membela pihak berwenang yang ragu-ragu untuk memberlakukan dan melonggarkan lockdown dalam beberapa bulan terakhir karena mereka menghadapi penyakit baru.

"WHO telah disalahkan beberapa kali, tetapi mengomunikasikan sesuatu yang tidak benar-benar kamu ketahui sangatlah sulit," ujarnya.



Simak Video "WHO Apresiasi Cara Afrika Kendalikan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)