Kamis, 17 Sep 2020 12:11 WIB

Wajib Pakai Masker di Mobil, Adakah Risiko Penularan Saat Menyetir Sendirian?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dua minggu sudah perluasan sistem ganjil genap diterapkan di Jakarta. Namun, masih ada saja pengendara yang terjaring tilang karena tak taat aturan. Viral ditilang pakai masker, seberapa besar risiko penularan Corona saat berkendara sendirian tak memakai masker?(Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta -

Baru baru ini viral terkait penilangan warga DKI Jakarta karena nyetir mobil sendiri tidak memakai masker. Pemakaian masker wajib digunakan selama berada di luar rumah. Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 79 Tahun 2020 mewajibkan masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk tetap mengenakan masker dengan benar.

"Pasal 4 Pergub 79 Tahun 2020, kewajiban menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut dan dagu ketika menggunakan kendaraan bermotor," kata Sambodo kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Namun, jika seseorang sedang berkendara sendirian di dalam mobil, apakah tetap perlu menggunakan masker? Adakah risiko penularan Corona saat sendirian di dalam mobil?

Menurut ahli paru dari RS Persahabatan, dr Erlang Samoedro, SpP, risiko penularan Corona saat sendirian di dalam mobil terbilang sangat kecil. dr Erlang menegaskan selama tidak ada orang lain di sekitar berarti aman dari paparan.

"Paparan virus dari orang jadi bila tidak ada orang lain berarti tidak ada paparan. Jadi aman kalau nggak ada orang lain," sebut dr Erlang saat dihubungi detikcom Kamis (17/9/2020).

dr Erlang menjelaskan, paparan virus Corona dari seseorang yang perlu dihindari. "Yang penting paparan dari orang ya jadi yang dihindari orangnya," lanjut dr Erlang.

Meski begitu, penting untuk memastikan permukaan di sekitar aman dari virus Corona. Adapun peraturan terkait penggunaan masker adalah sebagai berikut.

Pengguna kendaraan mobil penumpang pribadi diwajibkan untuk mengikuti ketentuan sebagai berikut:

a. digunakan hanya untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan/atau aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB.
b. melakukan disinfeksi kendaraan setelah selesai digunakan.
c. menggunakan masker di dalam kendaraan
d. tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit.
e. membatasi kapasitas angkut mobil penumpang perseorangan paling banyak untuk dua orang per baris kursi, kecuali dengan penumpang berdomisili di alamat yang sama.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)