Jumat, 18 Sep 2020 14:52 WIB

Viral Penampakan Susuk, Dokter Radiologi Jelaskan Fenomena Corpus Alienum

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray Fenomena susuk dalam dunia medis disebut corpus alienum. (Foto: Instagram/tasyabira)
Jakarta -

Selebriti Instagram (selebgram) Tasqia Alifa Syabira yang terkenal di kalangan EXO L, mendadak menjadi perbincangan warganet. Dia menjadi viral setelah mengunggah di Instagram storynya penampakan susuk di foto X-ray wanita usia 55 tahun.

"Pasien wanita usia 55 tahun mau di X-ray. Nah kalo ini susuknya ada berapa? Itang sendiri deh ya:)" tulis Tasqia dalam unggahannya.

Dalam unggahannya di Instagram @tasyabira, Tasqia memberikan sedikit informasi mengenai susuk. Katanya, susuk dalam dunia medis disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk akan terlihat jelas ketika seseorang melakukan X-ray. Hal itu dikarenakan susuk terbuat dari emas dan tembaga.

Dokter radiologi dr Prijo Sidipratomo, SpRad menjelaskan fenomena seperti ini dalam dunia medis disebut corpus alienum, yakni kondisi ditemukannya benda asing di dalam tubuh dan terlihat dengan rontgen.

"Corpus alienum yang artinya benda asing, yang kebetulan terlihat dengan rontgen tertampak dengan jarum kecil-kecil. Benda yang kalau kena sinar X dia akan terlihat pada gambar," ungkapnya saat dihubungi detikcom Jumat (18/9/2020).

Namun, terkait bahaya dari adanya benda asing di dalam tubuh tersebut, disebut dr Prijo tidak berisiko selama orang tersebut tidak merasa sakit. Kasus semacam ini memang seringkali ditemukan, tetapi pasien tidak sengaja pergi ke dokter untuk melihat tampilan benda asing atau yang diyakini 'susuk' tersebut.

"Nah itu kita memang sering pasien-pasien yang lagi diperiksa kadang ada aja letaknya di sekitar wajah, pipi, kanan, kiri, bibir atas, bawah.

"Nggak pernah tuh ada yang dateng mengeluh minta difoto khusus, semua itu by accident, pasien datang dengan keluhan penyakit lain," pungkasnya.



Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)