Jumat, 18 Sep 2020 17:49 WIB

Temuan 'Susuk' Corpus Alienum Ternyata Bukan Barang Langka di Radiologi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray (Foto: Instagram/tasyabira)
Jakarta -

Viral penampakan ratusan susuk pada seorang wanita berusia 55 tahun. Gambar yang terlihat pada X-ray ini kemudian menjadi ramai diperbincangkan.

Penampakan susuk tersebut diunggah Selebriti Instagram (selebgram) Tasqia Alifa Syabira yang terkenal di kalangan EXO L. Dalam dunia medis, fenomena 'susuk' ini disebut corpus alienum.

Fenomena susuk yang dalam medis disebut corpus alienum diakui dokter radiologi dr Prijo Sidipratomo, SpRad dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM umum ditemui. Dalam sebulan bisa ditemukan 1 hingga 2 pasien, tetapi selalu ditemukan secara tidak sengaja.

"Tetapi kalau pasien kita tanya. Bapak atau ibu pake susuk ya, kita kasih tau, tapi kan apa ya bener. Mereka rata-rata ternyata nggak ada yang ngaku, tetapi di gambarfotonya itu ada," ungkap drPrijo.

dr Prijo sendiri sering menemukan fenomena 'susuk' ini di beberapa bagian tubuh. Salah satunya di daerah sekitar kemaluan.

"Letaknya di daerah sekitar kemaluan bokong, daerah payudara kiri, bibir, dagu," bebernya.

dr Prijo menyebut fenomena seperti ini memang hanya terjadi di Indonesia. Namun, selama tidak ada keluhan rasa nyeri dan lainnya dari pasien terkait benda asing di dalam tubuhnya, kondisi pasien disebut aman.

"Saya pernah bawa itu ke suatu acara, dokter asing saya tunjukkin ini sih kita bilang corpus alienum. Sering ada di Indonesia, fungsinya sampai sekarang juga saya nggak tahu," pungkasnya.



Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)