Minggu, 20 Sep 2020 05:40 WIB

Round Up

Bantahan KKP Soal Larangan Produk Ikan RI oleh China Terkait Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Otoritas China dikabarkan melarang impor produk makanan laut olahan dari eksportir Indonesia. Disebutkan, ada 6 sampel produk yang dinyatakan positif mengandung patogen Corona dari 500 ribu sampel yang diperiksa.

Informasi tersebut antara lain diberitakan oleh The Strait Times. Eksportir yang berbasis di Sumatera Utara tersebut belum memberikan tanggapannya.

China sendiri telah memperketat masuknya produk impor di masa pandemi COVID-19. Sebelumnya, China juga melarang impor makanan tertentu dari Ekuador dan Brasil.

Terkait kabar tersebut, juru bicara Kementerian Kelautan dan Perikanan Miftah Sabri menyampaikan klarifikasi. Menurutnya, tidak ada larangan produk perikanan RI oleh China.

"Bahwa tidak benar produk perikanan Indonesia diban oleh China dengan alasan mengandung COVID-19," jelas Mitfah dalam bantahannya.

Beberapa poin klarifikasi yang disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. KKP via BKIPM, telah mendapat Notifikasi dari China (GACC) atas kasus tersebut per 18 September 2020.
  2. Ikan layur 1 kontainer (24,5 Ton), dari Indonesia (PT PI di Belawan) yg diekspor ke China, terdeteksi adanya kontaminasi virus COVID-19 pada kemasan terluar.
  3. Atas hal tersebut, GACC menghentikan sementara impor dari 1 perusahaan (PT PI), selama 1 minggu sejak tanggal 18 September 2020.
  4. Atas notifikasi tersebut KKP (BKIPM), telah berkomunikasi dengan KBRI di Beijing dan telah mengeluarkan Internal Suspend terhadap PT PI tersebut per 18 September 2020.
  5. Sesuai dengan substansi MRA antara KKP dengan GACC, setelah UPI yang terkena kasus melakukan Corrective Action, UPI yang bersangkutan akan diizinkan kembali melakukan ekspor.

"Saat ini Tim BKIPM sedang melakukan investigasi dan hasil nya segera kami komunikasikan dengan KBRI & GACC di China," pungkasnya.



Simak Video "Produksi Vaksin Corona Berdampak Punahnya Ikan Hiu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)