Senin, 21 Sep 2020 05:45 WIB

Klaster Keluarga Bermunculan, Perlukah Pakai Masker Saat di Rumah?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Little boy in medical mask hugging crop mother and looking at camera during coronavirus outbreak against gray background Perlukah pakai masker di dalam rumah? (Foto: iStock)
Jakarta -

Kasus-kasus penularan virus Corona COVID-19 mulai banyak terjadi di klaster keluarga. Kondisi ini memunculkan pertanyaan, perlukah pakai masker saat sedang berada di rumah?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), mengatakan bahwa tidak semua orang di rumah harus memakai masker. Jika di rumah ada kondisi yang meningkatkan risiko penularan, barulah seseorang harus pakai masker.

"Apabila kita memang orang yang beraktivitas di luar rumah, disarankan tetap selama berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut, maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker," kata dr Agus dalam konferensi pers di BNPB.

Termasuk dalam kelompok berisiko adalah lanjut, anak-anak, dan pengidap penyakit penyerta atau komorbid. Jika di rumah ada kelompok berisiko, maka seseorang yang sering beraktivitas di luar rumah dianjurkan tetap pakai masker meski di rumah.

Tidak kalah penting, sepulang beraktivitas seseorang harus segera membersihkan diri. Risiko penularan COVID-19 bisa terjadi melalui virus yang menempel pada pakaian maupun benda-benda yang dikenakan.

Simak juga videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)