Senin, 21 Sep 2020 13:00 WIB

Donald Trump Dikirimi Amplop Berisi Risin, Racun Apa Itu?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penduduk Jerman Lebih Takut Politik Donald Trump Daripada Virus Corona Racun risin yang dikirim ke Donald Trump berasal dari biji jarak, seperti apa jenis racun ini? (Foto: DW (News)
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah surat yang ditujukan ke Gedung Putih Amerika Serikat, untuk Donald Trump, diketahui berisi racun. Hal ini disebut terjadi pada Sabtu kemarin, menurut laporan The Associated Press.

Berdasarkan investigasi awal, surat ini disebut berasal dari Kanada. "Surat itu tampaknya berasal dari Kanada," demikian pernyataan dari Royal Canadian Mounted Police.

Surat ini berhasil ditahan di fasilitas pemerintah yang menyaring surat-surat dialamatkan ke Gedung Putih dan Presiden Donald Trump. "Investigasi awal menunjukkan itu dites positif risin, racun yang ditemukan secara alami dalam biji jarak," kata pejabat AS dikutip dari AFP.

Lantas apa sebenarnya risin? Ini penjelasan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Risin adalah racun yang ditemukan secara alami dalam biji jarak. Jika biji jarak dikunyah dan ditelan, risin yang dilepaskan bisa menyebabkan luka. Risin dapat dibuat dari bahan limbah yang tersisa dari pengolahan biji jarak. Dapat dibuat dalam bentuk bubuk, kabut, atau pelet, atau dapat dilarutkan dalam air atau asam lemah.

Seberapa beracun risin? Bagaimana orang menjadi sakit karenanya?

Risin sangat beracun. Ia bekerja dengan masuk ke dalam sel tubuh seseorang dan mencegah sel membuat protein yang mereka butuhkan. Tanpa protein, sel mati. Akhirnya ini berbahaya bagi seluruh tubuh, dan bisa menyebabkan kematian.

Seperti kebanyakan bahan kimia, apakah seseorang menjadi sakit atau tidak setelah terpapar risin tergantung pada seberapa banyak risin yang terpapar pada orang tersebut, berapa lama paparan tersebut berlangsung, apa metode paparannya (inhalasi, konsumsi, atau injeksi), dan faktor-faktor lain. Secara umum, bila dosisnya sama, terpapar risin melalui suntikan memiliki potensi terbesar untuk menyebabkan penyakit, diikuti dengan penghirupan, dan kemudian menelan.

Apa saja tanda dan gejala keracunan risin?

Jika risin tertelan, gejala awal biasanya muncul dalam waktu kurang dari 6-12 jam. Gejala awal ini paling mungkin mempengaruhi sistem pencernaan dan termasuk mual, muntah, dan sakit perut.

Gejala keracunan risin kemudian cenderung berkembang pesat (umumnya lebih dari 12-24 jam) untuk mencakup masalah seperti dehidrasi parah, dan masalah ginjal dan hati. Perkembangan gejala dan penyakit yang cepat ini sangat berbeda dari apa yang biasanya terjadi dengan sebagian besar (tetapi tidak semua), penyakit menular bawaan makanan yang umum ditemui, yang biasanya sembuh dalam satu atau dua hari.

Namun, penting untuk dicatat bahwa risin bukan satu-satunya penyebab potensial dari gejala tersebut, penyakit lain yang disebabkan oleh bahan kimia dan non-kimiawi (misalnya, infeksius) juga dapat muncul dengan tanda-tanda ini dan mungkin memprihatinkan.



Simak Video "Obat COVID-19 Donald Trump Dikembangkan dari Sel Janin Aborsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)