Rabu, 23 Sep 2020 08:30 WIB

Trump Desak PBB Tuntut China Atas Pandemi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar jumpa pers terkait virus Corona. Namun jumpa pers itu sempat dihentikan sementara karena ada penembakan di luar gedung putih. Donald Trump salahkan China atas pandemi Corona. (Foto: AP Photo/Andrew Harnik)
Jakarta -

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Sidang Umum PBB pada Selasa (22/9) bahwa China harus dimintai pertanggungjawaban oleh dunia atas tindakannya atas pandemi COVID-19. Dalam penyampaiannya pada rapat tahunan PBB, Trump menuduh Beijing menyebarkan COVID-19 dan menginfeksi dunia.

"PBB harus meminta pertanggungjawaban China atas tindakan mereka," kata Trump dalam pidatonya, dikutip dari CNBC International.

Trump, sejak awal menggambarkan COVID-19 sebagai 'virus China', istilah yang oleh banyak orang dianggap rasis. Dia menuduh Beijing mengizinkan orang meninggalkan China pada tahap awal wabah untuk menginfeksi dunia sambil menutup perjalanan domestik.

"Pemerintah China dan WHO yang secara virtual dikendalikan oleh China, secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia," sebutnya.

"Nanti, mereka secara keliru mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit," lanjutnya.

Awal tahun ini, Trump mengatakan bahwa dia telah menangguhkan pendanaan AS untuk WHO sambil menunggu peninjauan, mengutip apa yang dia sebut "peran Organisasi Kesehatan Dunia dalam salah kelola yang parah dan menutupi penyebaran virus Corona."



Simak Video "Obat COVID-19 Donald Trump Dikembangkan dari Sel Janin Aborsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya