Rabu, 23 Sep 2020 12:15 WIB

Di Sidang Umum PBB, Trump Tuduh China Penyebar Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi kasus corona di AS akan berakhir pada bulan Juli. Kok bisa? Presiden AS Donald Trump. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), berbagai pemimpin dunia mengadakan pertemuan secara virtual karena ancaman pandemi COVID-19. Muncul ketegangan ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengajak dunia menuntut tanggung jawab China karena disebut telah menyebarkan virus Corona.

Dalam pidatonya, Trump menyebut COVID-19 sebagai "virus China' dan meminta PBB agar mendorong pemerintah China bertanggung jawab. Trump menyebut China bertanggung jawab karena tidak menghentikan penerbangan ke luar negeri, sehingga virus dibuat sengaja menyebar ke seluruh dunia.

"Kita harus membuat negara yang melepas penyakit ini ke dunia bertanggung jawab," kata Trump seperti dikutip dari BBC, Rabu (23/9/2020).

"Di awal wabah China menutup penerbangan domestik, tapi penerbangan ke luar negeri dibiarkan supaya seluruh dunia bisa terinfeksi," lanjutnya.

Trump juga menuduh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah dikendalikan China. Tuduhan ini langsung dibantah oleh Direktur Komunikasi WHO Gabby Stern.

"WHO memiliki 194 negara anggota. Tidak ada satu pemerintahan yang mengendalikan kami," kata Gabby.



Simak Video "Obat COVID-19 Donald Trump Dikembangkan dari Sel Janin Aborsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)