Rabu, 23 Sep 2020 15:03 WIB

Di Sidang Umum PBB, Presiden Vladimir Putin Ingin WHO Diperkuat

Firdaus Anwar - detikHealth
Russian President Vladimir Putin attends a meeting on the situation with the spread of the COVID-19 coronavirus disease in Russia, via a teleconference call at the Novo-Ogaryovo state residence outside Moscow on April 13, 2020. (Photo by Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP) Foto: Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP
Jakarta -

Beberapa pemimpin negara di Sidang umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengungkapkan pendapatnya terkait pandemi COVID-19. Presiden Rusia Vladimir Putin contohnya mengungkapkan keinginan agar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diperkuat.

Putin mengusulkan supaya WHO bisa kuat lagi mengkoordinasi respons global terhadap pandemi Corona dan menawarkan konferensi tingkat tinggi soal kerja sama vaksin.

"Kami siap berbagi pengalaman dan terus bekerja sama dengan seluruh negara dan lembaga internasional, termasuk menyuplai vaksin Rusia yang sudah terbukti bisa diandalkan, aman, dan efektif, untuk negara lain," kata Putin seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/9/2020).

Rusia sebelumnya jadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan vaksin Corona sebelum uji klinis massal selesai dilakukan. Hal ini membuat sebagian ilmuwan dan dokter internasional meragukan keamanan dan efektivitasnya.

Beberapa negara diketahui kini turut mempertimbangkan mengikuti langkah Rusia untuk bisa lebih cepat menerapkan vaksin sebagai langkah darurat.



Simak Video "Diklaim Pertama di Dunia, Vaksin Corona Rusia Diragukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)