Kamis, 24 Sep 2020 07:32 WIB

Catat! Begini Cara Merawat Masker Kain Agar Tetap Efektif Cegah Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Masker Kain Ilustrasi masker kain. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Salah satu protokol kesehatan yang wajib diterapkan saat pandemi Virus Corona COVID-19 adalah menggunakan masker. Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan masyarakat, salah satunya adalah masker kain.

Bagi kamu yang memakai masker berbahan dasar kain, kamu perlu catat beberapa hal. Mulai berapa lama masker tersebut bisa digunakan, bagaimana dengan metode pencuciannya hingga seberapa sering intensitas kita mencucinya.

Dikutip dari laman Asia One, setiap masker bisa dicuci hingga 30 kali. Pakar penyakit menular Dr Leong Hoe Nam menyarankan pengguna masker untuk memeriksa apakah masker yang dipakai pas dengan wajah dan pipi mereka, karena udara tanpa filter dapat masuk melalui sisi masker yang longgar.

Jika digunakan pada siklus "pakai satu, cuci satu" setiap hari, setiap kit masker bisa bertahan selama dua bulan. Setelah itu, masker tetap dapat digunakan, tetapi efektivitas dan filtrasi antimikroba kurang efektif.

Apa metode terbaik untuk mencuci masker yang bisa digunakan kembali?

Mencuci dan mengeringkan itu sederhana, tetapi perlu dilakukan dengan benar agar masker tetap efektif untuk jangka waktu yang lebih lama. Gunakan sabun dengan kualitas baik dan mudah larut dalam air hangat. Hindari penggunaan deterjen antiseptik atau pemutih.

Produsen masker mengatakan bahwa masker dapat direndam dalam air untuk jangka waktu yang lebih lama untuk membersihkan noda kosmetik. Tidak disarankan menggunakan penghapus riasan karena dapat mempengaruhi kualitas perlindungan masker.

Seberapa sering harus mencuci masker yang dapat digunakan kembali?

Masker harus dicuci setelah digunakan setiap hari, sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Dr Leong, ia menyarankan pengguna untuk berhati-hati saat mencuci masker karena pencucian yang agresif atau penggunaan papan cuci untuk membersihkan kain dapat merusaknya dengan cepat.

Bagaimana cara membuang masker?

Masker wajah harus dibuang seperti halnya masker bedah di dalam kantong sampah bersama sampah lain. Alternatifnya, masker yang sudah dibersihkan dapat didaur ulang dengan berbagai cara.

Misalnya, dapat digunakan kembali sebagai kain pembersih atau kantong untuk kacamata karena terbuat dari katun.

Mengapa harus berhenti pakai masker usai periode yang disarankan?

Setelah 30 kali pencucian pada masker, sifat antimikroba serta filtrasi masker menjadi kurang efektif. Dr Leong menunjukkan bahwa keefektifan masker bisa turun antara 10 dan 15 persen.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)