Kamis, 24 Sep 2020 16:53 WIB

Kasus COVID-19 Terus Cetak Rekor, Satgas: Jangan Sampai 5.000 Kasus Sehari

Firdaus Anwar - detikHealth
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet) (Foto: Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet))
Jakarta -

Kasus baru virus Corona COVID-19 di Indonesia terus meningkat setiap hari. Kini penambahan kasus harian sudah berada di sekitar angka 4.000 kasus per hari, dengan rekor tertinggi dilaporkan hari Kamis (24/9/2020), mencapai 4.634 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, berharap masyarakat bisa meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar angka kasus COVID-19 ini dapat ditekan, tidak malah semakin bertambah banyak.

"Terjadi penambahan kasus positif sejumlah 4.634. Ini adalah angka yang besar setelah beberapa hari kasus penambahan positif setiap hari adalah di atas 4.000. Kami mohon jangan menunggu sampai 5.000 untuk disiplin protokol kesehatan," kata Wiku saat memberikan konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

Terkait penambahan kasus yang semakin banyak, Wiku menyayangkan masih ada para calon kepala daerah yang menimbulkan kerumunan terkait pilkada. Ia berharap semua pihak saat ini bertanggung jawab dan turut berperan dalam mengendalikan wabah.

"Kami masih melihat penambahan kasus positif yang cukup tinggi dan ini juga terkait dengan pilkada," ungkap Wiku.

"Satgas COVID sangat prihatin dengan adanya calon kepala daerah yang masih mengadakan acara-acara yang menimbulkan kerumunan di tengah pandemi saat ini. Apapun alasannya, sudah sepatutnya wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat betul-betul dapat melindungi rakyatnya," lanjut Wiku.



Simak Video "Disebut 10x Lebih Menular, Mutasi Corona D614G Ditemukan di 5 Kota RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)