Jumat, 25 Sep 2020 14:09 WIB

Asal Mula Cuplikan Viral WHO Sebut Uji Vaksin COVID-19 China 'Berhasil'

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Viral cuplikan video yang mengklaim ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut uji klinis vaksin COVID-19 China berhasil. Cuplikan video tersebut beredar dalam situs China Global Television Network (CGTN).

Penelusuran menunjukkan, video tersebut berasal dari acara 'media briefing on COVID-19' yang dipublikasikan juga dalam YouTube resmi WHO. Di acara tersebut, kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan menjelaskan beberapa vaksin Corona China telah masuk uji klinis tahap lanjut. Soumya juga mendorong China untuk membuka akses vaksin secara global jika uji klinis vaksin dinyatakan berhasil.

"Beberapa kandidat mereka sedang dalam uji klinis tahap lanjut. Jadi ini juga menarik bagi kami, jadi kami mengikuti perkembangan vaksin Corona China dan membuka diskusi dengan mereka. Kami juga selalu menegaskan kembali komitmen mereka untuk akses vaksin Corona secara global, jika beberapa kandidat mereka terbukti sukses dengan uji klinis yang sedang berlangsung," beber Soumnya dalam media briefing tersebut.

[Gambas:Youtube]




Sementara dalam video viral yang dikutip dari CGTN, pernyataan Soumya dipotong sehingga seolah-olah mengkonfirmasi bahwa uji klinis beberapa vaksin Corona China berhasil.

Faktanya, ada beberapa vaksin Corona yang saat ini sedang menjalani uji klinis, sebagian di antaranya tengah memasuki tahap uji klinis ketiga. Di antaranya Sinovac Biotech yang bekerja sama dengan Bio Farma, Wuhan Institute bersama Sinopharm, Beijing Institute bersama Sinopharm.

Sementara perusahaan farmasi China, Sinovac mengatakan bahwa vaksin virus Corona yang dikembangkannya harus siap didistribusikan ke seluruh dunia pada awal 2021. Hal tersebut diungkapkan pihak perusahaan pada Kamis (24/9/2020).



Simak Video "BPOM Sebut Tak Ada Efek Samping Berat pada Relawan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)