Jumat, 25 Sep 2020 15:02 WIB

Viral Klaim Vaksin COVID-19 China Berhasil, Ini Kata Tim Uji di Bandung

Siti Fatimah - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)

Sementara, uji klinis yang kedua ada pada April 2021 dengan menggunakan subjek 1620 orang. Sedangkan yang saat ini sedang dilaksanakan adalah untuk melihat perbedaan pemberian vaksin Sinovac dan Placebo.

"Itu tergantung Badan POM mau pakai yang Januari atau April. Sampe sekarang belum ada vaksin COVID," tegasnya.

Diperkirakan awal tahun depan baru diketahui berhasil atau tidaknya vaksin Sinovac. "Secara ilmunya kaya gitu. Tapi kalau yang lain mau menyebutkan itu berhasil ya silahkan. Desember itu sudah bisa diketahui hasil yang 540 orang pertama," jelasnya.

Secara umum, Eddy menjelaskan, pelaksanaan uji coba vaksin merupakan multi center dari berbagai negara. "Hasil di Indonesia digabung Brazil, Bangladesh, dan negara lain. Digabung dan ditarik kesimpulan. Begitu ada hasil, laporannya baru boleh ditentukan (digunakan atau tidak)," paparnya.

Dia juga menyebut, tim peneliti memiliki berhak untuk menentukan vaksin tersebut berhasil atau tidak pada fase uji klinis ini. "Iya betul ada (boleh menyatakan berhasil/tidak) bikin laporan ke Biofarma dan bikin publikasi," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)