Sabtu, 26 Sep 2020 10:04 WIB

Terpopuler Sepekan: Urutan Gejala COVID-19 yang Kerap Dialami Pasien

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Ilmuwan temukan urutan gejala pasien Corona. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sepekan diwarnai dengan temuan penelitian dari University of Southern California (USC) yang mengungkap gejala virus Corona. Menurut penelitian itu, gejala pertama COVID-19 yang paling sering dikeluhkan pasien Corona adalah demam.

Dikutip dari laman Healthline, temuan ini dinilai bisa membantu orang dengan virus Corona COVID-19 dapat mengisolasi diri dan mendapatkan perawatan lebih cepat, yang secara signifikan ini dapat meningkatkan kesembuhan dari pasien.

"Urutan ini sangat penting untuk diketahui ketika kita memiliki siklus penyakit yang tumpang tindih seperti flu yang bertepatan dengan infeksi COVID-19," papar Peter Kuhn, PhD, salah satu penulis studi dan profesor kedokteran di USC.

Berikut urutan gejala yang kerap dialami oleh pasien COVID-19:

- Demam

- Batuk

- Nyeri otot

- Mual atau muntah

- Diare

"Hasil kami mendukung gagasan bahwa demam harus menjadi acuan skrining pasien COVID-19 terlebih setelah banyak wilayah mulai buka setelah outbreak di musim semi lalu," tulis penelitian itu.

Untuk memprediksi urutan gejala Corona, para peneliti menganalisis tingkat kejadian gejala yang dikumpulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih dari 55.000 kasus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di China.

Mereka juga melihat kumpulan dari data hampir 1.100 kasus yang dikumpulkan antara bulan Desember dan Januari oleh Kelompok Ahli Perawatan Medis China untuk COVID-19 dan disediakan oleh Komisi Kesehatan Nasional China.



Simak Video "Mata Pink Mike Pence Jadi Trending Usai Debat Cawapres AS"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)