Senin, 28 Sep 2020 09:55 WIB

Vaksin Corona India Dijanjikan Siap Tersedia untuk Warga Dunia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa vaksin Corona yang diproduksi negaranya bisa tersedia secara global untuk melawan COVID-19. Hal ini disampaikannya saat menghadiri pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu.

"Sebagai negara penghasil vaksin terbesar di dunia, saya ingin memberikan satu jaminan lagi kepada komunitas global saat ini. Kapasitas produksi dan pengiriman vaksin India akan digunakan untuk membantu semua umat manusia dalam memerangi krisis ini," kata Modi, dikutip dari Al-Jazeera pada Senin (28/9/2020).

Modi mengatakan saat ini India sedang memulai proses uji klinis fase tiga, yaitu sebuah uji coba skala besar yang dilakukan untuk menentukan keamanan dan kemanjuran vaksin. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa India akan membantu semua negara meningkatkan fasilitas penyimpanan (cold chain) untuk pengiriman vaksin.

Sebelumnya di bulan Agustus lalu, Modi mengatakan India siap memproduksi vaksin COVID-19 secara massal, tentunya setelah mendapatkan izin dari para ilmuwan.

Hal ini pun disambut baik oleh sekretaris jenderal PBB Antonio Guterres. Tetapi, ia juga mengecam beberapa daerah yang diyakininya sudah membuat kesepakatan tersembunyi untuk mengamankan vaksin.

"'Vaksinasi' seperti itu tidak hanya tidak adil, tetapi juga merugikan diri sendiri. Tidak ada dari kita yang aman, sampai kita semua aman. Semua orang tahu itu," jelas Guterres.



Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)