Selasa, 29 Sep 2020 10:35 WIB

Tak Bisa Cium Bau, Gejala COVID-19 atau Bukan? Begini Membedakannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation Cara membedakan anosmia karena COVID-19 atau bukan. (Foto ilustrasi: iStock)
Topik Hangat Anosmia COVID-19
Jakarta -

Anosmia atau kehilangan kemampuan indra penciuman saat ini berkaitan erat dengan COVID-19. Bahkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mencantumkan anosmia ini sebagai salah satu gejala pasien COVID-19.

Namun, anosmia ternyata tidak hanya dialami oleh pasien yang terinfeksi virus Corona. Ini bisa terjadi pada pasien dengan penyakit lainnya, seperti sinusitis hingga polip.

Untuk membedakannya, dokter spesialis THT dari RSUP Persahabatan, dr Deasi Anggraini, Sp THT-KL(K) menjabarkan ciri-cirinya. Jika dari segi gejala, baik anosmia karena COVID-19 atau penyakit lain itu hampir sama.

"Jadi dari segi gejala hampir sama saja dengan anosmia biasa. Yang membedakannya adalah onset (waktu munculnya). Jadi pada kasus COVID-19, onsetnya itu mendadak atau sudden," jelas dr Deasi dalam siaran bincang sehat di Instagram, Selasa (29/9/2020).

"Berbeda dengan kondisi lain. Kalau pada sinusitis atau polip, biasanya keluhannya itu sudah dialami penderita dari sebelum-sebelumnya," lanjutnya.

dr Deasi menambahkan, jika pada penyakit yang bukan karena COVID-19, kondisi anosmia ini bisa hilang-timbul bahkan terjadi terus menerus. Kondisi ini juga bisa terjadi saat seseorang mengalami cedera kepala yang muncul setelah kejadian, dan juga bisa terjadi secara perlahan pada orang yang berusia lanjut.

Mengenal Anosmia, Gejala COVID-19 yang Bikin Susah Cium BauMengenal Anosmia, Gejala COVID-19 yang Bikin Susah Cium Bau Foto: infografis detikHealth

Kapan gejala anosmia muncul pada pasien COVID-19?

"Biasanya anosmia muncul di awal. Ada satu penelitian di Turki yang menganalisis, keluhan anosmia ini muncul di H-4 atau H-3 sebelum gejala demam atau terdiagnosis dengan PT-PCR," terang dr Deasi.

Adapun cara-cara untuk mengetahui apakah anosmia yang dialami itu biasa saja atau disebabkan karena COVID-19, yaitu:

  1. Jika sifatnya mendadak atau sudden, ada kemungkinan gejala COVID-19
  2. Gejala COVID-19 bisa disertai dengan gejala demam, batuk, fatigue atau rasa tubuh yang lemah, nyeri otot, sakit kepala, nyeri tenggorok, atau gejala lainnya
  3. Pastikan dengan pemeriksaan RT-PCR atau swab test.


Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/sao)
Topik Hangat Anosmia COVID-19