Kamis, 01 Okt 2020 15:21 WIB

Hari Kopi Internasional 2020, Mitos Soal Kopi Salah Satunya Bikin Insomnia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi minum kopi Hari Kopi Internasional, mitos-mitos soal kopi yang perlu diketahui. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Tiap tanggal 1 Oktober merupakan Hari Kopi Internasional atau hari kopi sedunia yang dirayakan tiap tahunnya. Hari ini menjadi penting bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta kopi dan mengenal betul khasiat yang ada di dalamnya.

Kopi ini dikenal dengan warnanya yang pekat, rasanya yang kuat, dan baunya yang khas. Tetapi, di balik itu semua masih ada banyak mitos tentang kopi terutama dalam bidang kesehatan yang sangat perlu untuk diketahui.

Dalam rangka merayakan Hari Kopi Internasional 2020 ini, berikut beberapa fakta tentang kopi yang berkaitan dengan kesehatan dikutip dari Thrillist.

1. Minum kopi siang hari bikin insomnia

Di dalam kopi mengandung kafein, yaitu zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein juga bertugas sebagai stimulan, tetapi jika mengkonsumsinya setelah makan siang zat tersebut akan diproses melalui hati dengan sangat cepat.

Namun dalam waktu empat jam, sebanyak 75 persen kafein itu akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Jadi, kalau kamu minum kopi di siang hari, seharusnya tidak memiliki efek apapun terhadap waktu tidurmu.

2. Kopi bisa menurunkan berat badan

Di Hari Kopi Internasional 2020 ini juga akan membahas mitos bahwa kopi memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Meskipun sebenarnya belum ada bukti cukup yang menunjukkan hal tersebut.

Efek stimulan dari kafein itu memang bisa meningkatkan metabolisme tapi jumlahnya sangat sedikit. Sehingga ini tidak cukup untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badan secara permanen. Zat kafein ini juga bisa mengurangi nafsu makan meski hanya untuk sementara dan waktu yang singkat.

3. Kafein dalam kopi bersifat adiktif

Kafein memang bisa menstimulasi sistem saraf pusat dan menyebabkan ketergantungan. Tetapi, efek ketergantungan itu hanya bertahan selama 1-2 hari, yang tentunya sangat berbeda dengan efek dari narkoba.

4. Kopi bisa picu penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis

Di Hari Kopi Sedunia ini, terungkap juga fakta bahwa mengkonsumsi tiga cangkir kopi setiap harinya itu setara dengan 300 miligram kafein. Tapi, perlu kamu tahu itu sama sekali tidak akan mengganggu kesehatanmu.

Namun, jika kamu memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi, itu bisa meningkatkan detak jantungmu sementara. Tetapi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan zat kafein yang ada di dalamnya.

5. Ibu hamil tidak boleh minum kopi

Perlu diketahui, kandungan kafein di dalam kopi tidak akan membahayakan janin. Jika ingin minum kopi, mereka disarankan untuk membatasi jumlahnya tiap harinya, maksimal 200 miligram yang setara dengan satu cangkir kopi.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)