Jumat, 02 Okt 2020 06:58 WIB

77% Pasien COVID-19 Orang Obesitas, Ini Caranya Hidup Sehat!

Content Promotion - detikHealth
olahraga untuk orang obesitas Foto: shutterstock
Jakarta -

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia terus melonjak setiap harinya. Hingga 30 September 2020, terdapat 287.000 total kasus di Indonesia dengan 215.000 pasien sembuh dan 10.740 meninggal dunia. COVID-19 memang bisa menyerang siapa saja, terutama lansia dan orang dengan penyakit kronis dan obesitas.

Melansir sciencemag, sejak mewabahnya pandemi COVID-19 di dunia, berbagai penelitian melaporkan bahwa jumlah pasien COVID-19 yang paling banyak adalah orang dengan obesitas. Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Genentech terhadap pasien COVID-19 di Amerika Serikat menemukan sebanyak 77% dari hampir 17.000 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami kelebihan berat badan (29%) atau obesitas (48%).

Berbagai studi juga banyak menemukan orang dengan obesitas lebih berisiko terkena penyakit seperti jantung, paru-paru, dan diabetes sehingga lebih mudah terinfeksi COVID-19. Oleh karena itu, guna mencegah obesitas, pastikan selalu untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti yang dikutip dari healthline berikut ini.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Mengonsumsi makanan manis sering sekali meningkatkan risiko terkena obesitas. Pasalnya, makanan olahan yang tinggi lemak, garam, dan gula dapat mendorong hasrat untuk makan berlebih hingga menyebabkan kelebihan berat badan.

Makan Banyak Sayur dan Buah

Setiap hari, tubuh tentunya perlu energi untuk beraktivitas, namun umumnya orang lebih sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti karbohidrat. Padahal, asupan kalori yang dianjurkan untuk pria adalah 2.500 dan wanita 2.000 setiap harinya. Sementara, sisa kalori atau energi berlebih hanya akan disimpan sebagai lemak.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengisi piring lebih banyak dengan porsi sayur dan buah dibandingkan karbohidrat seperti tepung, nasi, dan lainnya. Sayur dan buah mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh serta mengurangi risiko makan berlebihan

Olahraga Teratur

Orang pada umumnya lebih sering mengonsumsi kalori dibandingkan membakar kalori. Akibatnya, kalori yang berlebih menumpuk menjadi lemak. Apalagi di tengah pandemi saat ini, banyaknya waktu yang cenderung lebih banyak dilakukan di rumah sering sekali membuat tubuh malas bergerak.

Melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur sangatlah penting untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Guna mencegah diabetes, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang selama 150 menit atau aktivitas aerobik berat selama 75 menit setiap minggunya.

Selain menerapkan pola hidup sehat di atas, pastikan juga untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman bergizi untuk yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi COVID-19. Selain itu, sebaiknya konsumsi juga multivitamin guna melengkapi kebutuhan nutrisi harian seperti halnya Samcorbex.

Samco FarmaSamco Farma Foto: Samco

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, PT Samco Farma menghadirkan Samcorbex dengan kandungan B Complex dan vitamin C 500 mg. Mengonsumsi Samcorbex 1 - 2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas. Selain itu, ada juga Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor- distributor PT Samco Farma yakni, PT Daya Muda Agung, PT Merapi Utama Pharma, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representativea, Almer di nomor 081288715581.

Bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.



Simak Video "Begini Proses Virus Corona Menyerang Orang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)