Harga Tes Swab Rp 900 Ribu, Waktu Tunggu Hasil Maksimal Berapa Lama?

ADVERTISEMENT

Harga Tes Swab Rp 900 Ribu, Waktu Tunggu Hasil Maksimal Berapa Lama?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 02 Okt 2020 17:11 WIB
150 Pekerja media menjalani tes swab di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/8/2020). Tes ini guna memutus menyebaran virus Corona.
Tes swab. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan dan BPKP menetapkan harga tertinggi pemeriksaan tes swab sebesar Rp 900 ribu. Dalam waktu dekat, Kemenkes akan mengeluarkan surat edaran yang menetapkan tanggal berlaku keputusan tersebut.

Selama ini, harga tes swab bergantung pada seberapa cepat hasilnya didapatkan. Biasanya semakin mahal harganya maka waktu tunggu hasil pemeriksaan akan lebih cepat. Ditegaskan oleh Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes dr Abdul Kadir, harga acuan yang ditetapkan tidak berpengaruh pada waktu tunggu hasil pemeriksaan.

"Jadi begini, tentunya yang kita harapkan tarif tertinggi ini tidak berkaitan dengan cepat atau lambatnya hasil pemeriksaan. Karena yang kita harapkan sedapat mungkin layanan yang kita berikan kepada masyarakat cepat," katanya dalam konferensi pers di kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Jumat (2/10/2020).

Adanya keterlambatan pada hasil pemeriksaan disebutkan karena loading atau jumlah sampel yang diperiksa cukup banyak sementara kapasitas mesin ekstraksi PCR terbatas sehingga menimbulkan antrean.

"Kita tidak bisa membeda-bedakan harga. Harga tetap seragam. Kita harapkan harga tertinggi tapi waktu pemeriksaannya juga secepat mungkin," ungkapnya.



Simak Video "Alasan Kemenkes Belum Keluarkan Izin Swab Antigen Mandiri di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT