Selasa, 06 Okt 2020 09:24 WIB

Bandel! Belum Sembuh dari COVID-19, Trump Copot Masker di Gedung Putih

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
President Donald Trump and first lady Melania Trump walks off stage at the end of the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Julio Cortez) Donald Trump. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Presiden AS Donald Trump lagi-lagi bikin gaduh. Setelah kepulangannya dari RS Walter Reed yang terkesan 'terburu-buru', Trump, saat tiba di Gedung Putih, mencopot maskernya dan memasukkannya ke kantong.

Dia tidak memakai masker saat masuk ke Gedung Putih meski seorang fotografer berada tepat di sampingnya. Beberapa jam sebelum keluar dari rumah sakit, Trump kembali menuliskan pesan yang bernada menyepelekan COVID-19.

"Jangan takut pada Covid. Jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda," tulis Trump.

Dikutip dari CNN, sebelum melepas helikopter Marine 1 yang mengantarnya pulang, Trump melepas maskernya dan memberi hormat dari atas balkon ketika helikopter tersebut lepas landas dari Gedung Putih.

Tak lama, Trump memposting video setelah kembali masuk ke Gedung Putih. Dia juga secara tidak masuk akal mengklaim bahwa dia menghadapi virus Corona karena dia "harus" sebagai "pemimpin", pesan yang sangat menyesatkan untuk disampaikan.

"Kami akan kembali bekerja. Kami akan berada di depan. Sebagai pemimpin Anda, saya harus melakukan itu. Saya tahu ada bahayanya tetapi saya harus melakukannya," kata Trump dalam sebuah video.

Aksi Trump copot masker langsung mendapat kritikan dari sejumlah kalangan. Sebab, secara medis, Trump masih membawa virus COVID-19 dan masih berpotensi menularkan ke orang lain.

Berdasarkan pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Trump harus menjalani isolasi selama paling tidak 10 hari setelah diagnosis yang menyatakan positif, yang diumumkan Jumat lalu.



Simak Video "Obat COVID-19 Donald Trump Dikembangkan dari Sel Janin Aborsi?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)